Home » Berita Utama » Program Pengadaan Motor untuk Ketua RT, Taufik: Hanya Pilihan

Program Pengadaan Motor untuk Ketua RT, Taufik: Hanya Pilihan

Selasa,19 April 2022 06:04WIB

Bagikan :

Kukar, sintesanews.id – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Asisten I Akhmad Taufik Hidayat menjelaskan program pengadaan motor dari bantuan Rp 50 juta per RT.

Taufik menyebut bahwa pengadaan motor dari anggaran Rp 50 juta per RT harus menyesuaikan kebutuhan masing-masing RT.

“Sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan motor itu bisa diadakan, tapi kan ada musyawarah dulu tingkat RT,” jelasnya, Senin (19/4/2022).

Ia menegaskan, tak ada kewajiban maupun paksaan terhadap pihak RT untuk melakukan pengadaan motor.

“Tidak ada (kewajiban mengambil motor), tergantung musyawarah desa,” ujarnya.

Penetapan program sudah dilakukan mulai akhir tahun lalu. Sebagian besar RT, kata Taufik, mengusulkan pengadaan motor.

“Sebagian besar membutuhkan (motor), tapi memang ada juga yang tidak membutuhkan, seperti di laut, kan untuk apa motor? Kalau di laut kan (membutuhkan) misalnya ketinting,” jelasnya.

Anggaran Rp 50 juta bisa digunakan untuk keperluan lain sesuai dengan kesepakatan dan musyawarah di desa maupun kelurahan.

“Yang di kelurahan sebagian ada yang minta angkutan sampah. Artinya, yang lebih bermanfaat,” sebutnya.

Pembelian motor juga dibatasi, yaitu hanya motor berstandar di bawah 125CC. Namun, menurutnya, hal tersebut juga lebih lanjut akan disesuaikan dengan medan jalan di setiap RT.

“Kalau misalnya ada kebutuhan trail, mungkin bisa nanti ada di APBD Perubahan. Itu kalau memang kondisi desa lapangannya memang berat. Ini melihat kriteria medannya,” ucap dia.

Taufik menambahkan, pengadaan motor untuk RT di tingkat kelurahan akan dilakukan melalui kecamatan. Sedangkan pengadaan motor RT di tingkat desa lewat Pemdes.

“Tidak terpusat di Pemkab. Tidak ada. Misalkan di kecamatan itu ada kelurahannya, ya di kecamatan itu PPTK-nya,” jelas Taufik.

Kata dia, tahapan pelaksanaan program tersebut masih dalam tahap penyampaian informasi.

Ia berharap agar pihak RT dapat memanfaatkan fasilitas motor tersebut dalam rangka meningkatkan kinerja mereka selaku perangkat RT.

“Misalnya untuk pendataan, pelayanan kepada masyarakat, ini perlu mobilisasi. Jadi, untuk itu dimanfaatkan sebaik-baiknya kendaraan ini,” harap Taufik. (*)

Penulis: Mursid Mubarak

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

cb69ca3e-61d6-4002-8894-a924a9d8e08a

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK