Home » Daerah » Kutai Kartanegara » DPMD Kukar Gelar Konsultasi Publik Pembangunan Kawasan Perdesaan

DPMD Kukar Gelar Konsultasi Publik Pembangunan Kawasan Perdesaan

Sabtu,16 Desember 2023 10:24WIB

Bagikan :
Suasana Konsulasi Publik Pembangunan Kawasan Pedesaan (Sintesa News/In).

SINTESANEWS.ID – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar menggelar konsultasi publik terkait pembangunan di kawasan perdesaan di Hotel Grand Elty Tenggarong pada Rabu (13/12/2023).

Konsultasi publik ini bertujuan untuk mendapatkan masukan dan saran dari masyarakat terkait rencana pembangunan yang akan dilakukan di beberapa kawasan perdesaan di Kukar.

Pembangunan kawasan perdesaan diatur dalam Permendes PDTT No. 5. tahun 2016. Pembangunan ini sudah dilakukan sejak 2017 dengan Kawasan Loa Kulu sebagai contoh.

Pada tahun 2021, ada lima kawasan yang akan dibangun lagi, yaitu Kawasan Agroindustri (3S) di Marang Kayu, Kawasan Agro Ekowisata di Tenggarong Seberang, dan juga agrowisata di Tenggarong Seberang.

Kepala DPMD Kukar, Arianto mengatakan bahwa pihaknya telah menjalin kerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk menentukan kawasan perdesaan yang akan dibangun.

“Selaku pengkaji untuk menentukan kawasan perdesaan ini didatangkan dari Yogyakarta, terus kami minta bantuan tenaga ahli, pendamping Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dari Kemendes,” ujarnya.

Arianto juga mengatakan, pihaknya akan menanyakan kesanggupan dan respon masyarakat terhadap identifikasi potensi dan hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mewujudkan pembangunan kawasan perdesaan.

“Potensi-potensi kemudian percepatan pembangunan itu keinginannya cepat terealisasi seperti yang kita rencanakan,” katanya.

Dia berharap semua pihak terkait dapat menyetujui, sehingga rencana pembangunan dapat diusulkan ke gubernur untuk dibuatkan regulasi Pergub.

“Target kita yang sudah disepakati ada enam termasuk yang sudah dibentuk di 2017,” tutupnya.

Penulis : Indirwan

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

3433823

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK