Home » Daerah » Kutai Kartanegara » Anggota DPRD Kaltim Rima Hartati Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan

Anggota DPRD Kaltim Rima Hartati Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan

Sabtu,5 November 2022 05:29WIB

Bagikan :
Anggota DPRD Kaltim Rima Hartati tengah menyosialisasikan empat pilar kebangsaan di Tenggarong. (Istimewa)

SINTESANEWS.ID – Anggota DPRD Provinsi Kaltim Rima Hartati melaksanakan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Sosbang) tentang empat pilar kebangsaan di Aula Sekretariat DPC PPP Kabupaten Kukar pada Sabtu (5/11/2022).

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh dua narasumber: Asman Ajis dan Sekretaris Kesbangpol Kukar Sutrisno. Hadir pula Pengurus DPC PPP, PAC, kader, dan generasi milenial Kukar.

Empat pilar kebangsaan yang diuraikan Rima meliputi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Menurut Rima, empat pilar kebangsaan ini biasa disebut sebagai soko guru, yang berarti tiang penyangga yang bersifat kokoh.

Hal ini dimaksudkan agar seluruh rakyat Indonesia dapat merasa aman, nyaman, tenteram, sejahtera, dan terhindar dari segala macam gangguan atau bencana.

“Keempat pilar tersebut merupakan fondasi atau dasar yang menentukan kokohnya bangunan empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara,” katanya.

“Ini adalah kumpulan nilai-nilai luhur yang harus dipahami seluruh masyarakat dan menjadi panduan dalam kehidupan ketatanegaraan untuk mewujudkan bangsa dan negara yang adil, makmur, sejahtera, dan bermartabat, ” sambungnya.

Dia menyebutkan bahwa konsep empat pilar kebangsaan diperkenalkan saat Taufiq Kiemas menjabat Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) periode 2009-2014.

“Konsep ini dipandang sangat penting bagi Indonesia dengan heterogenitasnya yang kompleks dan potensi disintegrasi yang tinggi, ” imbuhnya.

Empat pilar tersebut tidak dimaksudkan memiliki kedudukan sederajat. Setiap pilar memiliki tingkat, fungsi dan konteks yang berbeda.

Pada prinsipnya, Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara, kedudukannya berada di atas tiga pilar yang lain.

Empat pilar tersebut merupakan prasyarat minimal bagi bangsa Indonesia untuk berdiri kukuh dan meraih kemajuan berlandaskan karakter kepribadian bangsa Indonesia.

Setiap warga negara Indonesia harus memiliki keyakinan bahwa empat pilar tersebut adalah prinsip moral keindonesiaan yang memandu tercapainya kehidupan bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. (adv/mb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

3474362364620514386-min

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK