Home » Daerah » Kutai Kartanegara » Ekspresi Budaya Tradisional Kukar, Jadi Panggung Para Pelaut Seni

Ekspresi Budaya Tradisional Kukar, Jadi Panggung Para Pelaut Seni

Sabtu,11 Mei 2024 04:00WIB

Bagikan : Array
Para pengisi acara Ekspresi Budaya Tradisional yang diadakan di Taman Titik Nol. (Sintesa News)

SINTESANEWS.ID – Ekspresi Budaya Tradisional Kutai Kartanegara (Kukar) merupakan Event yang digelar setiap malam Minggu sebagai wadah bagi para pelaku seni untuk menampilkan pertunjukan.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar sebagai leading sektor menggandeng beberapa komunitas seni untuk memaksimalkan kegiatan tersebut.

Pamong Ahli Muda Disdikbud Kukar, Muhammad Saidar mengatakan bahwa lewat kegiatan ini para pelaku seni dapat menampilkan pertunjukan seni dalam rangka melestarikan budaya lokal.

“Kami dari Disdikbud membuka ruang publik bagi para pelaku seni untuk bisa mengekspresikan budaya hasil karyanya,” ucap Saidar, Sabtu (11/5/2024).

Ia mengungkapkan bahwa kegiatan ini diselenggarakan untuk melestarikan budaya lokal dan memperkenalkan beberapa monumen bersejarah di Kukar seperti tugu kemerdekaan, meriam dan Museum Mulawarman.

Lebih lanjut, kata Saidar, Disdikbud Kukar telah melakukan koordinasi dengan beberapa dinas seperti Dinas Pariwisata dan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah agar kegiatan dapat memberikan manfaat lebih luas.

“Setelah berkoodinasi, Alhamdulillah setiap malam Minggu acara ini ramai penontonnya, para pelaku usaha juga memperoleh dampaknya, dagangan mereka laris manis,” ujarnya.

Saidar mengimbau kepada masyarakat agar dapat berpartisipasi dalam melestarikan budaya lokal dengan menanamkan nilai-nilai budaya sejak dini kepada anak-anak.

Ia menyadari bahwa dengan perpindahan Ibu Kota Nusantara, ribuan orang akan datang dengan keberagaman budaya.

“Jadi kita harus siapkan dari sekarang, agar mereka mampu mempertahankan budaya Kukar agar tetap eksis. Itulah harapan kami,” pungkasnya. (ir/ar)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

cb69ca3e-61d6-4002-8894-a924a9d8e08a

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK