Home » Daerah » Kutai Kartanegara » Festival Budaya Kutai Adat Lawas Nutuk Beham di Kedang Ipil Resmi Dibuka

Festival Budaya Kutai Adat Lawas Nutuk Beham di Kedang Ipil Resmi Dibuka

Jumat,17 Mei 2024 03:11WIB

Bagikan : Array

SINTESANEWS.ID – Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Setkab Kukar, Akhmad Taufik Hidayat, membuka Festival Budaya Kutai Adat Lawas Nutuk Beham pada Jumat (17/5/2024).

Acara yang berlangsung hingga 19 Mei 2024 ini diselenggarakan oleh masyarakat adat Desa Kedang Ipil, Kecamatan Kota Bangun Darat, dan disponsori oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kukar.

Festival tahunan ini mendapat antusiasme tinggi dari seluruh lapisan masyarakat Kedang Ipil, yang berbondong-bondong meramaikan acara.

Festival Nutuk Beham telah diakui sebagai warisan budaya tak benda, memperkuat posisinya sebagai bagian penting dari warisan budaya lokal.

Acara ini menampilkan tradisi menumbuk padi yang sudah direndam dan disangrai, dilakukan oleh masyarakat secara bergantian selama 24 jam.

Akhmad Taufik Hidayat mengapresiasi komitmen masyarakat dalam melestarikan budaya leluhur ini.

“Nilai gotong royong dan kekeluargaan dalam festival ini luar biasa. Kami dari Pemkab Kukar sangat mengapresiasi kebersamaan masyarakat Kedang Ipil,” ujar Taufik.

Pemkab Kukar menegaskan komitmennya untuk terus mendukung dan melestarikan budaya ini agar diajarkan kepada generasi mendatang. “Ini wajib kita ajarkan ke anak cucu kita,” tambahnya.

Taufik berharap masyarakat dapat menjaga kesakralan festival ini dan memastikan adanya penerus yang akan melanjutkan tradisi ini di tengah perkembangan zaman.

Dia juga menekankan pentingnya meningkatkan publikasi festival agar lebih dikenal luas, bahkan di luar Kukar, dengan harapan budaya Nutuk Beham bisa mendunia.

“Kami ingin event-event langka seperti ini di Kedang Ipil dipromosikan lebih luas,” pungkas Taufik.

Festival Budaya Kutai Adat Lawas Nutuk Beham tidak hanya menjadi ajang pelestarian budaya tetapi juga menjadi momentum penting bagi masyarakat Kedang Ipil untuk menunjukkan kekayaan budaya mereka kepada dunia. (ar)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

cb69ca3e-61d6-4002-8894-a924a9d8e08a

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK