Home » Daerah » Kutai Kartanegara » HMI Diminta Jaga Independensi Menjelang Pilkada Kukar

HMI Diminta Jaga Independensi Menjelang Pilkada Kukar

Selasa,24 September 2024 01:45WIB

Bagikan : Array

SINTESANEWS.ID – Dalam kegiatan Basic Training Latihan Kader 1 (LK1) angkatan 123 yang digelar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Fakultas Agama Islam (FAI) Cabang Kukar, alumni HMI, H. Mubarak, mengingatkan pentingnya menjaga independensi menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kukar.

Dalam sambutannya di acara yang berlangsung di Wisma Atlet, Tenggarong Seberang, Senin (23/9/2024), Mubarak menegaskan bahwa HMI adalah organisasi yang berfokus pada perkaderan dan harus tetap memegang teguh prinsip independensi, baik secara etis maupun organisatoris.

“HMI adalah organisasi yang independen. Independensi ini harus dipertahankan sebagai basis nilai yang kita pegang dalam berpikir dan bertindak,” katanya.

Menurut Mubarak, dalam konteks Pilkada, HMI harus menjaga jarak dari keberpihakan terhadap pasangan calon mana pun.

“HMI tidak boleh berpihak kepada salah satu paslon. Tugas kita adalah mendukung jalannya pesta demokrasi secara adil dan lancar,” tegasnya.

Ia juga mengingatkan bahwa kader-kader HMI harus memiliki kerangka berpikir yang jelas dan bersikap etis dalam menghadapi tantangan politik di daerah.

Mubarak bilang, dalam suasana politik yang memanas menjelang Pilkada, integritas dan netralitas HMI menjadi sangat penting untuk menjaga citra organisasi sebagai lembaga perkaderan yang independen.

Mubarak berharap para kader HMI yang mengikuti LK1 dapat menginternalisasi nilai-nilai independensi ini dan terus menjaga prinsip organisasi dalam berbagai situasi, termasuk saat Pilkada Kukar berlangsung. (ar)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

cb69ca3e-61d6-4002-8894-a924a9d8e08a

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK