Home » Daerah » Kutai Kartanegara » Pemkab Kukar Sukses Tekan Angka Kemiskinan, Ini Strateginya

Pemkab Kukar Sukses Tekan Angka Kemiskinan, Ini Strateginya

Jumat,5 Januari 2024 10:16WIB

Bagikan :
Plt. Kepala Bappeda Kukar, Syarifah Vanesa Vilna (Istimewa).

SINTESANEWS.ID– Pemkab Kukar berhasil menekan angka kemiskinan dalam beberapa tahun terakhir. Persentase kemiskinan di daerah ini terus menurun dari tahun ke tahun.

Plt. Kepala Bappeda Kukar Syarifah Vanesa Vilna mengatakan, pada tahun 2021 angka kemiskinan di Kukar sekitar 7,99 persen. Kemudian pada tahun 2022 turun menjadi 7,96 persen. Sedangkan pada tahun 2023, angka kemiskinan di Kukar sekitar 7,61 persen.

“Artinya, kita sudah mencapai target RKPD tahun 2023 yang sebesar 7,64 persen. Ini menunjukkan bahwa kita berhasil menangani kemiskinan di Kukar,” kata Vanesa di kantornya, Kamis (4/1/2024).

Vanesa menjelaskan, ada beberapa strategi yang dilakukan pemerintah daerah untuk menangani kemiskinan. Salah satunya adalah memberikan bantuan berupa atap lantai dinding (aladin), fasilitas pendidikan kejar paket, dan lain-lain.

“Bantuan ini diberikan kepada masyarakat yang masuk dalam aplikasi Rumah Besar Penanggulangan Kemiskinan (RBPK). Aplikasi ini memuat data dan profil masyarakat miskin di Kukar,” ujarnya.

Selain itu, pemerintah daerah juga bekerja sama dengan sejumlah perusahaan yang ada di Kukar. Perusahaan-perusahaan ini ikut terlibat dalam aplikasi RBPK dan memberikan bantuan sesuai dengan bidang usahanya.

“Kami mengapresiasi peran serta perusahaan-perusahaan ini dalam penanganan kemiskinan. Ini menunjukkan bahwa ada sinergi antara pemerintah, swasta, dan masyarakat,” tuturnya.

Vanesa menambahkan, pada tahun 2024 ini, pemerintah daerah menargetkan angka kemiskinan di Kukar mencapai 7,5 persen. Untuk itu, pemerintah daerah akan terus berupaya maksimal dalam memberikan pelayanan dan kesejahteraan kepada masyarakat.

“Kami optimis bahwa target ini bisa tercapai bahkan melebihi. Kami berharap angka kemiskinan di Kukar terus menurun dan masyarakat semakin sejahtera,” pungkasnya.(In)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

3433823

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK