Home » Pendidikan » SMK Negeri 1 Tenggarong Siapkan Jurusan Pariwisata, Kuliner, dan Perhotelan

SMK Negeri 1 Tenggarong Siapkan Jurusan Pariwisata, Kuliner, dan Perhotelan

Rabu,31 Januari 2024 08:39WIB

Bagikan : Array
Kepala SMK Negeri 1 Tenggarong. (Sintesa News)

SINTESANEWS.ID – SMK Negeri 1 Tenggarong terus berinovasi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Kukar.

Salah satu upayanya adalah menambah dan mengembangkan jurusan yang sesuai dengan kebutuhan daerah.

Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Tenggarong, Triono, mengatakan bahwa pihaknya fokus pada jurusan pariwisata, kuliner, dan perhotelan.

Menurutnya, jurusan tersebut memiliki prospek yang baik di masa depan, terutama jika IKN benar-benar dipindahkan ke Kaltim.

“Yang kita kembangkan dan terapkan adalah jurusan pariwisata, kuliner, dan perhotelan. Harapannya bisa menunjang IKN jika betul-betul ada di Kaltim,” ujar Triono saat ditemui di sekolahnya, Selasa (30/1/2024).

Triono berharap, dengan adanya jurusan baru ini, masyarakat Kukar khususnya generasi muda tidak hanya menjadi penonton, tetapi juga menjadi partisipan dalam pengembangan Kaltim khususnya Kukar.

Ia juga mengatakan bahwa sekolahnya telah meluluskan siswa dari jurusan tata boga/kuliner sebanyak lima kali dan jurusan perhotelan sebanyak satu kali.

Selain itu, Triono juga mengungkapkan bahwa sekolahnya memiliki tujuh jurusan lain, yaitu Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Bisnis, Akuntansi, Pemasaran, Perkantoran, dan Pariwisata.

Ia menambahkan bahwa jurusan perkantoran adalah yang paling diminati oleh siswa, sehingga pihak Kemendikbud meminta untuk mengurangi jumlahnya.

Untuk jurusan tata rias dan traveling, Triono mengatakan bahwa pihaknya masih dalam proses koordinasi dengan pihak terkait untuk bisa menambahkannya dalam daftar jurusan di sekolahnya.

“Kita masih mempersiapkan persyaratannya, jika disetujui nanti kita akan jalankan,” katanya.

Triono juga menyampaikan bahwa pihak sekolah telah melakukan kerja sama dengan beberapa perusahaan yang ada di Kukar, serta menyiapkan sertifikat sebagai penunjang bagi lulusan SMK Negeri 1 Tenggarong.

“Harapannya siswa dan siswi lulusan SMK Negeri 1 Tenggarong bisa bersaing di masa depan nantinya setelah lulus dari sekolah,” tutupnya. (ir\ar)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

cb69ca3e-61d6-4002-8894-a924a9d8e08a

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK