Home » Politik » Si Teda Resmi Jadi Maskot Pilkada Kukar 2024: Mengangkat Pesona Budaya dan Kuliner Lokal

Si Teda Resmi Jadi Maskot Pilkada Kukar 2024: Mengangkat Pesona Budaya dan Kuliner Lokal

Minggu,28 April 2024 08:04WIB

Bagikan : Array

SINTESANEWS.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kukar resmi mengumumkan pemenang maskot Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kantor KPU Kukar, Sabtu (27/4/2024).

Ketua KPU Kukar, Rudi Gunawan, menjelaskan bahwa desain maskot yang dipilih berasal dari Lomba Cipta karya yang digelar oleh KPU Kukar.

Desain yang memenangkan lomba adalah karya Halifah Nur Rahmasyah dengan nama maskot “Si Teda”.

“Pemenang lomba ini adalah Halifah Nur Rahmasyah dengan nama maskot Si Teda,” ungkap Rudi.

Untuk mengapresiasi hasil karya para pemenang lomba, KPU memberikan hadiah uang dengan total juara 1 mendapatkan Rp. 10 juta, juara 2 mendapatkan Rp. 7 juta, dan juara 3, Rp. 5 juta.

Selain itu, Ketua Dewan Juri, Awang M Rifani, menjelaskan bahwa desain Si Teda terinspirasi dari salah satu tumbuhan lokal yang khas di Kukar, yaitu Bunga Tegaron dengan nama latin Crataeva Nurvala/Crataeva Andansonii.

“Desain ini dipilih untuk mempromosikan salah satu kuliner khas Kukar yang sekarang sudah jarang ditemui,” jelas Awang Rifani.

Dia berharap maskot ini dapat menjadi representasi yang kuat untuk mempromosikan Pilkada di Kukar.

“Tidak seperti sebelumnya, kali ini kita menggunakan desain dari kelompok Flora dengan desain yang unik, diharapkan mampu mempromosikan Pilkada kepada masyarakat dengan lebih baik,” pungkasnya.

Dengan kehadiran Si Teda, KPU berharap dapat membangkitkan semangat partisipasi masyarakat dalam Pilkada serta mengangkat pesona budaya dan kuliner lokal yang menjadi identitas daerah. (in/ar)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

cb69ca3e-61d6-4002-8894-a924a9d8e08a

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK