Home » Daerah » Balikpapan » Bangun Sinergi dengan Petani dan Nelayan di Balikpapan, Emir Moeis Banjir Dukungan Duduk di Kursi DPD RI

Bangun Sinergi dengan Petani dan Nelayan di Balikpapan, Emir Moeis Banjir Dukungan Duduk di Kursi DPD RI

Senin,27 Februari 2023 07:11WIB

Bagikan : Array

SINTESANEWS.ID – Demi memperjuangkan hak-hak petani dan nelayan, Bakal Calon (Bacalon) Anggota DPD RI Emir Moeis menegaskan akan membantu kebutuhan produksi seperti kebutuhan pupuk, kepastian lahan, dan Bahan Bakar Minyak (BBM).

Hal ini disampaikannya saat menghadiri diskusi bersama ratusan anggota Serikat Petani Nelayan (PSN) di Balikpapan, tepatnya Jalan Hunian Gema Tani, Kelurahan Lemaru, Kecamatan Balikpapan Barat, Minggu (26/2/2023).

“Kelihatannya pembagiannya (solar) kurang beres dan saya khawatir ada mafia-mafia. Nah, ini yang nanti saya bilang ke Pertamina. Katanya untuk nelayan itu sudah ada alokasinya. Kalau kurang, itu kenapa? Itu yang mesti kita jaga. Yah, tapi semua secara komprehensif itu harus diselesaikan,” ujarnya.

Emir Moeis yang diketahui menjabat sebagai komisaris PT Pupuk Iskandar Muda sangat memahami keluhan para petani mengenai harga pupuk yang bisa meningkat hingga 6 kali lipat dari harga normal.

Mengenai harga tersebut, ia menjelaskan, harga pupuk di pasaran beragam akibat tidak semua pupuk diberi subsidi oleh pemerintah, bahkan jika disubsidi persentasenya pun hanya sedikit.

“Nah, ini yang akan kita tekankan lagi. Ada yang disubsidi tapi dikit dan kurang. Ini yang mesti dibenerin sampai nanti pemerintah berpikir. Ya udah dihapus dan diberikan bantuan langsung ke petani dengan bentuk lain,” jelasnya.

Sedangkan mengenai mafia tanah, Emir Moeis mengaku tidak akan berkompromi jika mendapat aduan dari para petani atau nelayan yang lahannya diserobot paksa.

“Jika ada lahan yang diserobot bawa datanya. Nanti kita bisa temui perusahaannya. Sekarang kan tidak ada backing lagi. Kemarin kan di-backing aparat sekarang enggak. Nah, ayok dibetulin ini,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Umum SPN Wahyudi menegaskan bahwa tujuan Emir Moeis sebagai Bacalon DPD RI senada dengan yang dicita-citakan SPN, yakni membuat para petani dan nelayan bisa hidup sejahtera di Indonesia.

Untuk itu, ia berharap pemerintah pusat, daerah serta seluruh stekholder bisa memberikan CSR untuk kedaulatan pangan.

“Khususnya petani dan nelayan ini kan kaum Marhaen ya. Pada saat zaman Bung Karno sampai hari ini pun masih ada ketimpangan, baik secara keadilan maupun kesejahteraan,” tuturnya.

Wahyudi berpesan, jika terpilih sebagai anggota DPD RI, nasib nelayan tolong diperhatikan. Sebab, masih banyak nelayan Manggar yang hidupnya menumpang di atas laut.

“Kalau untuk dukungan, suara kami bulat untuk Pak Emir Moeis, baik yang sudah tergabung SPN dan yang belum, atau simpatisan, kita akan terus memperjuangkan beliau,” pungkasnya. (*)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

cb69ca3e-61d6-4002-8894-a924a9d8e08a

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK