Home » Daerah » Drone Spray, Inovasi Dinas Pertanian dan Peternakan Kukar untuk Tingkatkan Produktivitas Pertanian

Drone Spray, Inovasi Dinas Pertanian dan Peternakan Kukar untuk Tingkatkan Produktivitas Pertanian

Selasa,13 Februari 2024 09:23WIB

Bagikan :
Ilustrasi penyemprotan lahan pertanian menggunakan alat drone spray. (Istimewa)

SINTESANEWS.ID – Dinas Pertanian dan Peternakan Kukar menguji coba dua unit alat drone spray di lahan pertanian di Kecamatan Loa Kulu belum lama ini.

Alat ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dan produktivitas di sektor pertanian di Kukar.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian dan Peternakan Kukar, Sugiono, mengatakan bahwa alat ini memiliki dua fungsi utama, yaitu mengendalikan hama dan penyakit pada tanaman, serta menyemprotkan pupuk cair.

“Tujuan pengadaan alat ini adalah untuk mempercepat dan memaksimalkan pengendalian hama dan penyakit pada tanaman pangan dan hortikultura di Kukar. Alat ini juga lebih hemat dan efisien dibandingkan dengan cara manual yang harus turun langsung ke sawah,” ujar Sugiono, Selasa (13/2/2024).

Sugiono menambahkan bahwa alat tersebut akan dioperasikan oleh petugas yang telah mendapatkan pelatihan khusus dari pihak penyedia produk.

Ia berharap dengan adanya alat ini, produktivitas pertanian di Kukar dapat terjaga dan meningkat.

“Kami berharap alat ini dapat membantu petani dalam mengatasi masalah hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman, terutama di musim hujan seperti sekarang. Kami juga berharap alat ini dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen,” tutupnya. (ar)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

3433823

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK