Home » Daerah » Kutai Kartanegara » Jaga Harmonisasi di Tengah Masyarakat, Kesbangpol Kukar Adakan Pembinaan Forum Kerukunan Umat Beragama

Jaga Harmonisasi di Tengah Masyarakat, Kesbangpol Kukar Adakan Pembinaan Forum Kerukunan Umat Beragama

Kamis,27 Juli 2023 11:23WIB

Bagikan : Array
Mikha Agus Widiyanto, Sekretaris FKUB Kukar. (Sintesanews.id/ M. As'ari)

SINTESANEWS.ID – Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kutai Kartanegara (Kukar) mengadakan Pembinaan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di Kelurahan Maluhu Kecamatan Tenggarong, Kamis (27/7/2023).

Kegiatan tersebut dalam rangka menjaga dan membangun harmonisasi antar umat beragama di Kukar.

Sekretaris FKUB Kukar, Mikha Agus Widiyanto mengatakan, kerukunan antar umat beragam di Kukar masih sangat kondusif.

“Inilah yang kita harapkan, keadaan ini perlu kita tingkatkan apalagi di daerah Kukar ini juga ada namanya desa sadar kerukunan,” ujarnya.

Ia berpendapat, jika umat beragama memiliki keimanan yang kokoh, seharusnya tidak perlu khawatir dengan kehadiran agama lain.

Mikha juga menyarankan agar umat beragama dapat melaksanakan kajian dan mendalami keyakinan agama di rumah ibadah masing-masing dan tidak mengganggu ibadah umat agama lainnya.

“Terus nanti berpikir kita akan terseret ke sana enggak mungkin. Kalau kokoh imannya pasti kita juga akan kuat dan toleransi terjaga dengan baik rumah ibadah terbangun dengan baik pula,” tuturnya.

Kata Mikha, kerukunan antar umat beragama sangatlah penting untuk dibentuk dan dihidupkan.

Ia berpendapat, jika masyarakat antar agama hidup rukun dan damai, maka sinergitas dalam membangun daerah sangatlah mudah untuk dilakukan.

Mendekati tahun politik, perbedaan pilihan cukup berpotensi untuk memicu gesekan di masyarakat. Karena hal itu, ia berharap agar para tokoh agama untuk bersikap netral dan menjadi pengayom masyarakat.

“Sehingga itu diharapkan kehadiran mereka menjaga kerukunan kedamaian di tahun politik, supaya umat tetap rukun damai,” tutupnya. (mt/rh)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

cb69ca3e-61d6-4002-8894-a924a9d8e08a

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK