Home » Daerah » Kutai Kartanegara » Lurah Maluhu Apresiasi Kegiatan Pembinaan Forum Kerukunan Umat Beragama Garapan Kesbangpol Kukar

Lurah Maluhu Apresiasi Kegiatan Pembinaan Forum Kerukunan Umat Beragama Garapan Kesbangpol Kukar

Kamis,27 Juli 2023 10:49WIB

Bagikan : Array
Narasumber kegiatan pembinaan FKUB ditemani Lurah Maluhu. (Sintesanews.id/ M. As'ari)

SINTESANEWS.ID – Lurah Maluhu, Kecamatan Tenggarong, Kukar, Tri Joko Kuncoro, mengapresiasi kegiatan pembinaan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) yang dilaksanakan Kesbangpol Kukar di Kantor Kelurahan Maluhu, Kamis (27/7/2023).

Ia menilai, kegiatan yang dilaksanakan Kesbangpol sangat penting untuk menjaga kondusifitas suatu wilayah terutama di daerah yang majemuk.

“Jadi keberagaman itu selama ini sudah terjaga dengan baik tapi kita perlu antisipasi untuk mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan,” ucapnya.

Joko berpendapat, keberagaman di Kukar sejauh ini masih terjaga dengan baik. Kendati demikian, perlu dilakukan peningkatan pembinaan menjelang tahun politik.

Ia beralasan, di tahun politik, isu terkait agama, suku dan ras menjadi masalah yang mudah dimainkan untuk memecah belah masyarakat.

“Jadi tetap jaga kekompakan tetap jaga kerukunan, biar Maluhu tetap adem, seperti slogan Maluhu aman damai enak dan mandiri,” terangnya.

Joko menceritakan, di Maluhu masyarakat selalu menjaga kedamaian dan toleransi. Hal itu, kata dia bisa dilihat ketika ada hajatan besar, masyarakat masing-masing agama saling berkunjung dan mengucapkan selamat antar sesama.

Salah satunya, kata dia, belum lama ini saat lomba takbir yang diadakan Kelurahan Maluhu, beberapa umat Kristiani turut mengikuti pelaksanaan lomba tersebut.

“Itu wujud toleransi dan keberagaman, kebersamaan serta kekompakan yang ada di wilayah kami ini,” pungkasnya. (mt/rh)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI