Home » Daerah » Samarinda » Pemerintah Ingin Bangun Transportasi Kereta Api, Hasanuddin: Jangan Lupakan Infrastruktur Jalan

Pemerintah Ingin Bangun Transportasi Kereta Api, Hasanuddin: Jangan Lupakan Infrastruktur Jalan

Sabtu,25 Maret 2023 04:12WIB

Bagikan :
Ketua DPRD Provinsi Kaltim, Hasanuddin Mas'ud. (Istimewa)

SINTESANEWS.ID  – Wacana pembangunan transportasi kereta api di Kaltim mendapat tanggapan dari berbagai pihak, salah satunya datang dari wakil rakyat di Gedung Karang Paci.

Ketua DPRD Provinsi Kaltim Hasanuddin Mas’ud menyambut baik wacana pembangunan alat transportasi kereta api di Kaltim.

Namun, Hasanuddin meminta agar infrastruktur jalan dapat terus diperhatikan dengan baik oleh pemerintah.

Menurutnya, infrastruktur jalan bagian yang tidak kalah penting untuk diperhatikan oleh organisasi perangkat daerah terkait.

Karena itu, ia juga mendorong supaya peningkatan kualitas infrastruktur jalan menjadi prioritas dalam pembangunan daerah.

“Terutama akses dari Samarinda menuju ke arah Bontang, Sangatta dan seterusnya, termasuk jalan tol yang juga harus kita kembangkan,” ungkapnya, Rabu (15/3/2023).

Ia mengakui rencana pembangunan kereta api di Kaltim juga telah diketahuinya saat memimpin rapat Rencana Kerja dengan Pemprov Kaltim, yang dihadiri oleh Dinas Perhubungan Kaltim.

Kata dia, pembangunan kereta api akan menambah alat transportasi baru di Kaltim.

“Paling tidak kan bisa menambah alat transportasi umum kita,” ucapnya.

Dukungan juga datang dari Ketua Komisi III DPRD Provinsi Kaltim, Veridiana Huraq Wang.

Veridiana mengatakan, Dinas Perhubungan Kaltim saat ini memang memiliki rencana kerja untuk membangun transportasi kereta api, yang direncanakan akan dibangun tahun 2025.

“Ada program kereta api, tapi itu di Renjanya bukan di program kerja, tapi di rencana kerja 2025,” ucap Veridiana, Sabtu (18/3/2023).

Dikabarkan, pembangunan kereta api itu juga akan melewati daerah pemilihan Veridiana, yakni Kabupaten Kutai Barat.

Menjawab kabar tersebut, Veridiana mengatakan bahwa pembahasannya belum sejauh itu. Walaupun rencananya sudah lama, dana untuk alokasi pembangunannya belum ada karena sempat dihentikan.

Akan tetapi, belakangan ini pemerintah pusat tampak memberikan lampu hijau terkait rencana ini. Karena itu, rencana pembangunan kereta api akan kembali diprogramkan. (adv)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

3433823

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK