Home » Daerah » Samarinda » Anggota DPRD Kaltim Gelar Sosbang, Ananda Tanamkan Nilai-Nilai Pancasila

Anggota DPRD Kaltim Gelar Sosbang, Ananda Tanamkan Nilai-Nilai Pancasila

Selasa,7 Maret 2023 01:13WIB

Bagikan :
Anggota DPRD Kaltim Ananda Emira Moeis mengadakan sosialisasi wawasan kebangsaan di Samarinda. (Istimewa)

SINTESANEWS.ID – Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Ananda Emira Moeis menggelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Sosbang).

Dia melaksanakan Sosbang di Jalan Purwobinangun, Kelurahan Makroman, Kecamatan Sambutan pada Minggu (5/3/2023).

Di hadapan masyarakat Nanda menyampaikan pembekalan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya empat konsensus kebangsaan.

Nanda menyampaikan pemahaman tentang pentingnya empat konsensus kebangsaan dalam nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Wakil rakyat ini ingin persatuan dan kesatuan di tataran masyarakat terbentuk sebagaimana nilai-nilai Pancasila yang dianggap sebagai landasan dalam bernegara dan bermasyarakat.

Sementara itu, narasumber yang dihadirkan Nanda kali ini yakni dari Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik Kaltim Eko Santoso dan Ketua DPD Repdem Kaltim Ronal Stephen.

Diwawancarai usai agenda, Eko Santoso mengungkapkan bahwa materi yang disampaikannya kali ini adalah terkait Kaltim sebagai Indonesia mini.

Eko beranggapan bahwa Kaltim merupakan provinsi yang memiliki toleransi yang cukup baik, sebab semua suku dan bangsa di Indonesia ada di Kaltim. Bahkan hingga saat ini Kaltim mampu menjaga kerukunan dan harmoni.

“Dan ini sudah diamanahkan oleh para pendahulu kita sehingga Pancasila ini bisa dijalankan di Kaltim dengan baik. Dan ini menjadi contoh dan itu luar biasa,” ucapnya.

Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kaltim, salah satunya karena Provinsi Kaltim bisa membangun kedamaian dan ketenteraman antara suku bangsa.

Sehingga siapa pun yang akan datang ke Kaltim dia akan hidup tenang serta bisa berusaha dengan baik karena rakyatnya juga terbuka dengan para pendatang.

“Sepanjang saling menghargai, saling menghormati, baik yang pendatang dan yang ada di sini. Jadi, seperti itu dan ini harus dipertahankan karena biar bagaimana pun Kaltim adalah bagian dari IKN,” ungkapnya.

Sementara itu, Nanda menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada warga yang hadir.

“Biasanya warga yang hadir hanya sekitar 100 orang, tapi hari ini di Makroman menyentuh kurang lebih 200 orang. Ini luar biasa,” ucapnya.

Perempuan kelahiran Jakarta tersebut berharap bahwa materi kegiatan sosialisasi kebangsaan sangat penting untuk disebarluaskan ke masyarakat.

“Inilah yang menjadi tugas wakil rakyat, menjadi bagian dalam menjaga NKRI dengan terus menyosialisasikan tentang bagaimana mencintai bangsa ini,” ujarnya.

Politisi PDIP ini mengungkapkan bahwa sosialisasi wawasan kebangsaan terdiri dari empat konsensus.

Konsensus tersebut adalah Pancasila, UUD 1946, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hal ini, menurutnya, yang harus ditanamkan dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebab, empat konsensus ini bertujuan untuk memperkuat rasa cinta dan kebanggaan kepada tanah air, bangsa dan negara Indonesia.

Sementara itu, Ketua RT 23 Suprianto mengucapkan terima kasih atas kehadiran Anggota DPRD Kaltim Ananda Emira Moeis di tempat mereka.

Selain mendapatkan materi wawasan kebangsaan, warganya juga bisa bertatap dengan wakil rakyat mereka.

“Semoga kegiatan Sosbang ini bermanfaat untuk warga kami,” pungkasnya. (adv)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

cb69ca3e-61d6-4002-8894-a924a9d8e08a

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK