Home » Daerah » Kutai Kartanegara » Pesan KAHMI untuk HMI Kukar

Pesan KAHMI untuk HMI Kukar

Selasa,9 Juli 2024 03:14WIB

Bagikan : Array

SINTESANEWS.ID – Presidium Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Kutai Kartanegara (Kukar), Marwan, menegaskan pentingnya regenerasi di organisasi HMI.

Hal itu disampaikan Marwan saat memberikan sambutan pada acara Senior Course dan Latihan Khusus Kohati tingkat Nasional yang diadakan oleh HMI Kukar.

Acara pembukaan kegiatan yang mengangkat tema Ikhtiar HMI Membangun Peradaban tersebut dilaksanakan di Pendopo Wakil Bupati Kukar, Selasa (9/6/2024) malam.

Dalam sambutannya, Marwan menekankan bahwa hubungan antara senior dan junior dalam sebuah organisasi seperti HMI sangat penting. Namun ia juga mengingatkan bahwa senior tidak boleh terlalu lama bertahan dalam posisinya.

“Karena HMI kita ini adalah organisasi mahasiswa yang mengutamakan perkaderan dan regenerasi,” ujar Marwan.

Marwan mengajak agar pengurus yang sudah lama menjabat atau aktif terlibat di organisasi segera memberikan kesempatan kepada anggota yang lebih muda.

Hal ini, menurutnya, penting untuk menjaga dinamika dan perkembangan organisasi mahasiswa seperti HMI.

“Perkaderan harus terus berjalan dan berlanjut. Jangan sampai ada pengurus yang terlalu lama mengurus, harus ada pergantian. Begitu juga dengan pengelola pelatihan,” tegasnya.

Lebih lanjut, Marwan menjelaskan di tataran komisariat bahwa setelah melaksanakan pelatihan, pengurus HMI memiliki tanggung jawab untuk mengidentifikasi kebutuhan para kader atau anggota baru.

Ia mengingatkan para pengurus atau senior, agar anggota baru tidak diberi tugas berat yang tidak sesuai dengan kapasitas mereka.

“Jangan sampai anggota baru yang baru bergabung diusir secara perlahan dengan memberikan tugas yang berat, seperti disuruh mengantar proposal kegiatan,” tambahnya.

Komunikasi yang baik di antara pengurus juga menjadi sorotan Marwan. Menurutnya, hasil perkaderan yang maksimal lahir dari komunikasi yang baik antar sesama pengurus, baik di tingkat bidang maupun komisariat.

“Pengurus cabang harus mampu membangun komunikasi yang baik di semua tingkatan,” tuturnya.

Tak hanya itu, Marwan juga berpesan kepada seluruh pengurus HMI Kukar untuk terus menjaga semangat perkaderan dalam organisasi.

“Jangan pernah lelah menjalankan roda perkaderan. HMI ada karena perkaderan. Karena itu saya mengajak para pengurus dan anggota untuk terus menjaga mata air perkaderan ini,” pungkasnya. (Ar)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

cb69ca3e-61d6-4002-8894-a924a9d8e08a

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK