Home » Daerah » Kutai Kartanegara » Tingkatkan Layanan Dasar, Bupati Kukar Optimalkan Program Penanganan Kemiskinan

Tingkatkan Layanan Dasar, Bupati Kukar Optimalkan Program Penanganan Kemiskinan

Senin,1 Januari 2024 12:00WIB

Bagikan : Array
Bupati Kukar, Edi Damansyah bersama Pejabat OPD dan Kepolisian Kukar (Sintesa News/In).

SINTESANEWS.ID – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah, mengungkapkan bahwa pihaknya akan fokus pada peningkatan layanan dasar bagi masyarakat di tahun 2024. Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan program penanganan kemiskinan yang telah berjalan sejak tahun 2023.

Edi mengatakan bahwa program penanganan kemiskinan di tahun 2023 telah menunjukkan hasil yang positif, namun belum signifikan. Oleh karena itu, ia berencana untuk menerapkan konsep Rumah Besar Penanganan Kemiskinan yang akan merealisasikan berbagai program yang berkaitan dengan layanan dasar.

“Menurun sih tapi kan menurunnya juga belum signifikan sehingga 2024 itu juga masih menjadi fokus kerja kita,” ucap Edi saat ditemui di Ruang Martadipura Lantai 1 Bappeda Kukar pada Minggu (31/12/2023).

Layanan dasar yang dimaksud meliputi layanan pendidikan, kesempatan, penyediaan air bersih, listrik, infrastruktur, sanitasi, bedah rumah, beasiswa, dan lain-lain. Edi mengatakan bahwa program-program ini telah dibahas bersama anggota DPRD Kukar dan didasarkan pada data yang valid.

“Semuanya masih menjadi prioritas kami di 2024, jadi insyaallah semuanya bisa terealisasi tentunya dengan semangat baru, cara kerja baru, dirubah mindsetnya sehingga optimalisasi peran fungsi itu bisa kita wujudkan,” ujar Edi.

Selain itu, Edi juga menyebutkan bahwa pihaknya telah meluncurkan konsep Kukar Idaman yang terdiri dari 23 program untuk menyelesaikan persoalan pada masyarakat. Salah satu program yang telah berhasil diwujudkan adalah Terang Kampungku yang memberikan penerangan di beberapa titik.

“Teman-teman media cek saja beberapa tempat pokoknya terang lah,” tutur Edi.

Edi berharap bahwa program-program yang telah dan akan dilaksanakan oleh Pemkab Kukar dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan menjadi hak dasar mereka.

“Target yang kami lakukan prioritas itu memang berkaitan dengan layanan dasar yang selalu saya sampaikan yang menjadi hak dasar masyarakat,” tutupnya.(In)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

cb69ca3e-61d6-4002-8894-a924a9d8e08a

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK