Home » Daerah » Samarinda » Anak-Anak Antusias Ikuti Khitanan Massal yang Diselenggarakan DPD ABI Samarinda dan Yayasan Al Muntazar

Anak-Anak Antusias Ikuti Khitanan Massal yang Diselenggarakan DPD ABI Samarinda dan Yayasan Al Muntazar

Minggu,18 Juni 2023 10:56WIB

Bagikan :
Tim medis Pondok Khitan Duafa Kaltim mengkhitan seorang anak dalam kegiatan sunatan massal di Kota Samarinda. (Istimewa)

SINTESANEWS.ID – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Ahlulbait Indonesia (ABI) Kota Samarinda mengadakan khitanan massal gratis pada Minggu (18/6/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan pada pukul 08.00 Wita hingga 12.00 Wita tersebut terlaksana atas kerja sama ABI Samarinda dengan Yayasan Al Muntazar Dua Belas.

Para ibu yang tergabung dalam PAUD Al Mardhiyah Samarinda juga turut serta menyukseskan khitanan massal tersebut.

Ketua DPD ABI Kota Samarinda, Muhammad Saleng menjelaskan, khitanan massal kali ini diikuti oleh 23 anak-anak.

Sunatan massal yang dikomandoi oleh 3 orang tenaga medis dari Pondok Khitan Dhuafa Kaltim tersebut diikuti oleh para peserta yang berasal dari berbagai kelurahan di Kota Tepian.

“Alhamdulillah kegiatan berjalan aman, lancar, dan khidmat. Antusias masyarakat yang mendaftar sangat tinggi,” jelas Saleng.

Dia mengungkapkan, terdapat tiga tujuan dari pelaksanaan kegiatan khitanan massal tersebut. Pertama, membantu mereka yang membutuhkan dengan memberikan pelayanan sunatan gratis untuk anak-anak dari keluarga yang tidak mampu dan anak-anak yatim.

Kedua, menghidupkan sunah Nabi Ibrahim as dan ajaran Nabi Muhammad Saw. “Khitanan menjadi bagian dari tradisi yang dianjurkan dalam Islam,” urainya.

Saleng menjelaskan, sejumlah hadis menyatakan bahwa khitanan merupakan praktik yang dianjurkan kepada laki-laki agar alat vitalnya lebih bersih serta memelihara kebersihan tubuh.

Ketiga, memperkuat ikatan sosial dengan berkhidmat kepada masyarakat, terkhusus masyarakat yang bertempat tinggal dan berdomisili di wilayah Jalan Merdeka Samarinda.

Ia berharap khitanan massal ini menjadi kegiatan rutin yang bisa terus dilaksanakan di Samarinda, sehingga dapat memberikan pelayanan kepada anak-anak dari keluarga yang tidak mampu secara ekonomi.

“Semoga ke depannya bisa lebih banyak lagi kuota peserta yang bisa disediakan agar mendapatkan pelayanan khitanan secara gratis,” harapnya.

Khitanan massal ini turut dihadiri oleh Ketua Yayasan Al Muntazhar Dua Belas Bapak Mukti Ali serta Ketua Panitia ABI Samarinda Hamzha Ali. (ril/um)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

3433823

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK