Home » Pendidikan » Kampus » Unikarta Siapkan Fasilitas untuk Mahasiswa Penyandang Disabilitas

Unikarta Siapkan Fasilitas untuk Mahasiswa Penyandang Disabilitas

Kamis,7 Maret 2024 08:42WIB

Bagikan : Array

SINTESANEWS.ID – Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) terus berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi mahasiswa penyandang disabilitas. Salah satunya dengan menyiapkan fasilitas yang mendukung kebutuhan mereka dalam proses belajar mengajar.

Rektor Unikarta, Prof. Ince Raden mengatakan, pihaknya juga melakukan seleksi ketat bagi calon mahasiswa penyandang disabilitas yang ingin berkuliah di kampus ungu tersebut.

Selain tes akademik, mereka juga harus menjalani wawancara untuk mengetahui kesiapan dan penyesuaian dengan sistem pembelajaran di Unikarta.

“Kita seleksi dengan cermat karena kita belum punya fasilitas yang mapan terkait dengan keselamatan mereka, kemudian terkait persepsi para dosen dalam pembinaan yang ada,” kata Ince saat diwawancarai di Ruangannya pada Selasa (5/3/2024).

Ince menambahkan, pihaknya juga bekerja sama dengan Komunitas Kaliya, sebuah organisasi yang bergerak di bidang pemberdayaan penyandang disabilitas. Kerja sama ini bertujuan untuk menyediakan tenaga pendamping bagi mahasiswa berkebutuhan khusus yang berkuliah di Unikarta.

“Kami sudah menandatangani MoU dengan Komunitas Kaliya untuk memperkuat kerja sama ini. Mereka akan membantu kami dalam hal penyediaan tenaga pendamping, pelatihan, dan bimbingan bagi mahasiswa penyandang disabilitas,” ujarnya.

Selain itu, Unikarta juga memberikan penghargaan dan beasiswa bagi mahasiswa penyandang disabilitas yang berprestasi.

Kata Ince Raden, baru-baru ini, Unikarta mewisuda salah satu mahasiswa penyandang disabilitas yang berhasil menulis novel yang diterbitkan oleh penerbit ternama.

“Sebagai apresiasi, kami juga beri penghargaan kepada beberapa mahasiswa berprestasi dan kebetulan ada penyandang disabilitas. Kami juga akan berusaha menyediakan beasiswa baik dari perusahaan maupun dari pemerintah untuk mereka,” tutur Ince.

Ince berharap, dengan adanya fasilitas, beasiswa, dan penghargaan ini, mahasiswa penyandang disabilitas dapat merasa nyaman dan termotivasi untuk berkuliah di Unikarta.

Ia juga mengajak masyarakat untuk tidak memandang sebelah mata terhadap mereka, melainkan memberikan dukungan dan apresiasi.

“Semoga mereka dapat apresiasi baik dari swasta maupun pemerintah. Mereka juga punya hak dan potensi yang sama dengan mahasiswa lainnya. Jangan pernah meremehkan mereka, tapi beri mereka kesempatan dan dorongan untuk berkembang,” pungkasnya. (ir/ar)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

cb69ca3e-61d6-4002-8894-a924a9d8e08a

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK