Home » Politik » Maju di Pilkada Kukar, AYL dan AZA Resmi Daftar lewat Jalur Independen

Maju di Pilkada Kukar, AYL dan AZA Resmi Daftar lewat Jalur Independen

Senin,13 Mei 2024 05:30WIB

Bagikan : Array

SINTESANEWS.ID – Awang Yacoub Luthman dan Akhmad Zais resmi mendaftarkan diri sebagai Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati melalui jalur independen dalam kontestasi Pilkada Kukar 2024.

Menyambangi Kantor KPU Kukar pada Minggu 12 mei 2024 pukul 23:03 Wita, Awang – Zais dan para simpatisannya diterima oleh jajaran komisioner KPU Kukar.

Sebelum masuk mendaftar ke Kantor KPU Kukar, Awang-Zais turut menggelar teatrikal atau ritual adat Sumpah Tanah Kutai dengan menarik kain kuning.

“Pendaftaran kami pada malam hari ini merupakan amanah dari para tuan-tuan kami untuk maju mencalonkan diri dalam Pilkada Kukar 2024,” kata Awang.

AYL-AZA sapaan akrab dua politisi senior ini membawa dukungan dalam bentuk kertas sebanyak 42000 melebihi syarat yang ditetapkan 40730.

Berkas dukungan tersebut berasal dari sekitar 50 persen sebaran di 20 kecamatan di Kukar.

AYL-AZA berharap berkas dukungan ini bisa lolos verifikasi dan memenuhi syarat yang ditetapkan KPU.

“Kita yakin akan lolos di jalur independen. Meski kami masih aktif di Partai Nasdem dan Pak Zais sebagai Sekretaris Partai Golkar,” ujar AYL.

“Ini permintaan dari tuan kami rakyat Kutai Kartanegara. Kami berat untuk menolak amanat untuk maju ini,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kukar, Rudi Gunawan menyebutkan pasangan AYL-AZA merupakan satu-satunya kandidat yang menyerahkan syarat dukungan di menit terakhir penutupan pendaftaran jalur independen.

Kata Rudi, jumlah berkas dukungan yang disampaikan oleh pasangan AYL-AZA akan dilakukan verifikasi administrasi dan faktual.

“Kita di KPU akan merekapitulasi hasil verifikasi administrasi dan faktual untuk memastikan syarat dukungan. Ada juga proses setelah rekapitulasi yakni penyerahan untuk perbaikan jumlah dukungan calon,” jelas Rudi.

Rudi menyebutkan jika pasangan AYL-AZA gagal dalam jalur independen mereka masih memiliki kesempatan untuk mendaftar lewat jalur partai politik.

“Kita akan periksa dulu. Kalau pun gagal masih ada waktu untuk mendaftar lewat jalur partai politik. Pembukaan pendaftarannya masih lama,” tutur Rudi. (ar)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

cb69ca3e-61d6-4002-8894-a924a9d8e08a

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK