Home » Daerah » Danpussenarmed Kunjungi Yonarmed 18/Buritkang untuk Inspeksi Kesiapan Operasional dan Pembangunan Gudang Misil

Danpussenarmed Kunjungi Yonarmed 18/Buritkang untuk Inspeksi Kesiapan Operasional dan Pembangunan Gudang Misil

Sabtu,15 Juni 2024 12:16WIB

Bagikan : Array

SINTESANEWS.ID – Komandan Pusat Kesenjataan Artileri Medan (Danpussenarmed) Mayjen TNI Putranto Gatot Sri Handoyo melakukan kunjungan ke Baterai Tempur A Batalyon Artileri Medan (Yonarmed) 18/Buritkang Tenggarong, Jumat (14/6/2024).

Kunjungan ini bertujuan untuk mengevaluasi kesiapan operasional Yonarmed sebagai pendukung Kodam VI/Mulawarman dan meninjau kesiapan lahan untuk pembangunan gudang misil dan garasi.

“Kita akan mendatangkan rudal ITBM 600 dari Turki pada awal tahun 2025,” ujar Mayjen TNI Putranto.

Ia menambahkan, senjata canggih dengan daya hancur besar ini kemungkinan hanya dimiliki oleh Indonesia di Asia Tenggara, khususnya di Kukar.

Gudang misil direncanakan akan dibangun di desa Jembayan, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara, dengan target penyelesaian pada akhir tahun ini.

“Insyaallah pembangunan akan dimulai paling cepat Agustus dan diharapkan selesai pada Desember,” katanya.

Selain itu, Mayjen TNI Putranto juga memeriksa kesiapan pengamanan Ibu Kota Negara (IKN) yang akan dilakukan oleh Yonarmed 18/Buritkang.

Sebagai bentuk dukungan pengamanan, rencananya akan dibentuk satuan Armed Rudal di wilayah Jembayan.

Seleksi personel untuk mengoperasikan rudal ITBM 600 akan segera dilakukan dengan kriteria mencakup kecakapan teknologi, kemampuan berbahasa Inggris, dan kesehatan yang baik.

“Harapannya, pembangunan batalyon ini bisa berjalan lancar, dan personel terpilih mampu mengawasi alat canggih ini untuk mendukung tugas pokok TNI AD,” tutup Mayjen TNI Putranto. (Ir/ar)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

cb69ca3e-61d6-4002-8894-a924a9d8e08a

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK