Home » Daerah » Kutai Kartanegara » Jalan Umum di Sebulu Digunakan Pengangkut Batu Bara, Apriadi Nilai Pemda Kukar Kurang Tegas

Jalan Umum di Sebulu Digunakan Pengangkut Batu Bara, Apriadi Nilai Pemda Kukar Kurang Tegas

Senin,15 Agustus 2022 02:47WIB

Bagikan :

SINTESANEWS.ID – Ketua DPW Gagak Bersatu Kukar Apriadi menyoal kerusakan jalan umum di Kecamatan Sebulu, Kukar.

Kerusakan jalan tersebut diduga disebabkan kegiatan hauling batu bara. Hal ini berakibat pada sebagian ruas jalan amblas.

Kata dia, kerusakan jalan ini menghambat aktivitas masyarakat yang hilir mudik ke Tenggarong dan daerah-daerah di sekitarnya.

Ia pun menyayangkan langkah pemerintah daerah yang lamban dalam mengantisipasi kerusakan jalan tersebut. Sebab, aktivitas pengangkutan batu bara menggunakan jalan umum diduga telah berlangsung selama bertahun-tahun di Kecamatan Sebulu.

Apriadi juga menilai pemerintah daerah tak menindak secara tegas para pelaku yang mengangkut batu bara menggunakan jalan umum.

“Padahal keluhan sudah banyak dilayangkan oleh masyarakat pengguna jalan dari pedagang sayur hingga tokoh masyarakat. Ini juga sudah disampaikan di sosial media hingga di media massa serta media online, namun belum juga ada tanggapan,” jelasnya, Senin (15/8/2022).

Jalan umum yang dibangun menggunakan APBD dan Dana Desa tersebut, sambung dia, kini ditutup untuk pengguna jalan yang berasal dari masyarakat.

“Sekarang menjadi jalur khusus bagi hauling batu bara. Sementara masyarakat harus memutar kalau mau ke arah SP ataupun sebaliknya ke arah pelabuhan feri penyeberangan,” bebernya.

Dia menilai kerusakan jalan tersebut tergolong aneh. Pasalnya, tahun 2020 jalan umum itu relatif bagus karena tidak banyak kerusakan di ruasnya.

“Namun sekarang rusak parah hingga mengakibatkan amblas,” ujarnya.

Ia berharap pemerintah daerah di bawah kepemimpinan Bupati Edi Damansyah menindak para pengangkut batu bara yang menggunakan jalan umum di Kecamatan Sebulu.

“Agar permasalahan jalan umum dipakai untuk hauling di Sebulu ini bisa teratasi sesuai hukum yang berlaku,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

3474362364620514386-min

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK