Home » Daerah » Samarinda » Wakil Ketua DPRD Kaltim Samsun Ingatkan Warga tentang Pentingnya Jiwa Nasionalis

Wakil Ketua DPRD Kaltim Samsun Ingatkan Warga tentang Pentingnya Jiwa Nasionalis

Selasa,24 Januari 2023 12:42WIB

Bagikan :

SINTESANEWS.ID – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Muhammad Samsun menyebutkan tentang pentingnya menjaga nilai pancasila di dalam kesatuan dan persatuan bermasyarakat.

Hal ini disampaikannya usai menggelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Sosbang) kepada anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) se-Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara, yang diikuti oleh 12 kelurahan dan dua desa.
 
“Hari ini kami melakukan sosialisasi wawasan kebangsaan kepada anggota Linmas se-Kecamatan Tenggarong, yang dihadiri oleh masing-masing lima perwakilan dari 12 kelurahan dan dua desa,” kata Samsun di Tenggarong, Senin (23/1/2023) kemarin.

Pada kesempatan itu, ia mengatakan tantangan yang dihadapi dalam menjaga kesatuan bangsa dan keutuhan negara Indonesia yang harus diwaspadai adalah pudarnya rasa nasionalisme terhadap bangsa. Oleh karena itu, ideologi negara, Undang-Undang Dasar 1945, NKRI dan kebhinekaan menjaga kedaulatan bangsa harus betul-betul dijaga.

“Hal yang mesti diwaspadai juga adalah adanya degradasi wawasan kebangsaan terhadap rakyat. Maka dari itu penting untuk memberikan pemahaman kepada para Linmas sebagai garda terdepan dalam melayani masyarakat,” papar Samsun.

Dia mengatakan, Linmas berperan aktif dalam melayani masyarakat di desa dan juga kelurahan. Mereka sebagai ujung tombak menjaga NKRI dan menjaga martabat Indonesia sebagai negara yang kuat.

Ia menjelaskan, pengamalan terhadap butir-butir Pancasila itu penting dalam penerapan di masyarakat sehari-hari. Salah satunya sila kedua yang berbunyi kemanusiaan yang adil dan beradab.

“Pada butir sila kedua ini adalah perwujudan nilai kemanusiaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Manusia merupakan makhluk yang berbudaya, bermoral, dan beragama,” katanya. (adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

3474362364620514386-min

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK