Home » Pendidikan » HMI Komisariat Teknik Unikarta Gelar Basic Training, Tekankan Pentingnya Kepemimpinan dan Public Speaking

HMI Komisariat Teknik Unikarta Gelar Basic Training, Tekankan Pentingnya Kepemimpinan dan Public Speaking

Kamis,17 Oktober 2024 07:49WIB

Bagikan : Array

SINTESANEWS.ID – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Fakultas Teknik Unikarta Cabang Kukar mengadakan Latihan Kader I (LK I) yang berlangsung di Wisma Atlet, Stadion Aji Imbut, dari 15 hingga 21 Oktober 2024.

Kegiatan ini diikuti oleh 18 peserta dan mengusung tema “Terbinanya Kepribadian Muslim yang Berkualitas, Akademik, Sadar akan Peran dan Fungsinya dalam Berorganisasi serta Hak dan Kewajibannya sebagai Kader Umat dan Kader Bangsa.”

Ketua panitia, Risky Wahnadi, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada alumni, simpatisan, dan donatur yang telah mendukung kegiatan ini, baik secara moral maupun materiil.

“Saya ucapkan terima kasih kepada para panitia dan donatur yang telah berkontribusi dalam terlaksananya kegiatan ini,” ujarnya.

Ketua Umum HMI Kukar, M Zia Ulhaq, turut mengapresiasi pelaksanaan Basic Training ini. Ia menekankan pentingnya LK I sebagai wadah untuk mencetak kader-kader yang akan menjadi tulang punggung organisasi.

“LK I sangatlah penting sebagai wujud regenerasi dan kesadaran akan pentingnya organisasi,” ujarnya.

Ulhaq juga mengingatkan pentingnya keyakinan kuat dalam diri setiap kader, sejalan dengan slogan HMI “Yakin Usaha Sampai” yang menekankan optimisme dan militansi dalam berorganisasi dengan dasar ilmu pengetahuan.

Ia pun menekankan bahwa setiap tindakan yang dilakukan dengan niat baik akan bernilai ibadah dan mendapatkan ridho Allah SWT.

Sementara itu, Rusman, salah satu alumni HMI yang hadir dalam acara tersebut, menyoroti pentingnya pengembangan public speaking dan leadership bagi para kader.

Ia menjelaskan bahwa HMI melatih anggotanya untuk tidak hanya tampil percaya diri di depan umum, tetapi juga berkomunikasi dengan baik dan beretika.

“Public speaking itu bukan hanya tentang berani berbicara di depan umum, tetapi juga menjaga adab dan etika dalam berkomunikasi. Ini semua dilatih di HMI,” jelas Rusman.

Ia juga menekankan bahwa kepemimpinan atau leadership adalah keterampilan yang perlu terus diasah, sesuai dengan ajaran Al-Qur’an yang menyebutkan manusia diciptakan sebagai khalifah di muka bumi.

Menurutnya, salah satu kunci kesuksesan adalah kemampuan leadership yang baik, yang harus dimulai dengan memimpin diri sendiri sebelum memimpin orang lain.

“Dalam Al-Quran sudah dijelaskan bahwa kita diciptakan oleh Allah untuk menjadi khalifah di muka bumi. Kemampuan ini harus terus diasah agar dapat menjadi pemimpin minimal memimpin diri sendiri dulu baru orang lain. Kita bisa lihat orang-orang sukses sekarang mereka pasti memiliki kemampuan leadership yang baik,” demikian Rusman. (ir/ar)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

cb69ca3e-61d6-4002-8894-a924a9d8e08a

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK