Home » Daerah » Persekutuan Dayak Kukar Resmi Dilantik, Fokus Pada Pengembangan SDM

Persekutuan Dayak Kukar Resmi Dilantik, Fokus Pada Pengembangan SDM

Jumat,27 September 2024 05:42WIB

Bagikan : Array

SINTESANEWS.ID – Persekutuan Dayak Kalimantan Timur (PDKT) di 20 kecamatan se-Kutai Kartanegara (Kukar) resmi dilantik pada Jumat (27/9/2024).

Bertempat di Hotel Grand Elty Tenggarong, acara pelantikan ini mengusung tema “Membangun Sinergitas Untuk Kemajuan Masyarakat Dayak”.

Tema ini mencerminkan tujuan PDKT untuk mengintensifkan pengembangan seni dan budaya masyarakat adat Dayak di Kalimantan Timur.

Maria Ester, Ketua Umum PDKT Kutai Kartanegara, menekankan pentingnya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) masyarakat adat Dayak agar mereka mampu bersaing di kancah nasional.

“Kualitas SDM masyarakat adat Dayak harus meningkat sehingga dapat bersaing di tengah pemindahan Ibu Kota Nusantara ke Kaltim. Jangan sampai masyarakat adat Dayak semakin terpinggirkan dengan keberadaan IKN di Kaltim,” ungkap Maria Ester.

Maria juga menekankan pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, khususnya di tengah berlangsungnya pemilihan kepala daerah di Kalimantan Timur.

Ia berharap siapa pun yang terpilih sebagai pemimpin daerah, masyarakat Dayak tetap dapat bersinergi dalam pembangunan tanpa terpecah oleh politik praktis.

PDKT sendiri, lanjut Maria, merupakan organisasi yang bergerak di bidang seni dan budaya, bukan politik praktis.

Ia juga berharap pemilu kali ini berlangsung damai dan tanpa memicu politik identitas yang dapat menimbulkan perpecahan.

“Silakan warga Dayak berbeda pilihan, tetapi kita tetap satu saudara dalam bingkai NKRI,” imbuhnya. (ar)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

cb69ca3e-61d6-4002-8894-a924a9d8e08a

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK