Home » Daerah » Kutai Kartanegara » Kecamatan Tabang Diterpa Banjir, Ketinggian Air Capai Sepinggang Orang Dewasa

Kecamatan Tabang Diterpa Banjir, Ketinggian Air Capai Sepinggang Orang Dewasa

Kamis,19 Mei 2022 05:33WIB

Bagikan :

Kukar, sintesanews.id – Kecamatan Tabang, Kutai Kartanegara (Kukar), dilanda banjir. Ketinggian banjir di beberapa desa mencapai sepinggang orang dewasa.

Sekretaris Camat (Sekcam) Tabang, Rakhmadani Hidayat, menyampaikan curah hujan dengan intensitas tinggi terjadi sejak Rabu (18/5/2022) sore hingga Kamis (19/5/2022). Hal ini menjadi penyebab terjadinya banjir di Kecamatan Tabang.

Air sungai mulai terlihat meluap sekitar pukul 09.00 Wita. “Untuk di kawasan perumahan dinas kecamatan, tinggi air sekitar 50 centimeter atau selutut orang dewasa,” terangnya.

Dari 19 desa di Kecamatan Tabang, terdapat beberapa desa yang terendam banjir cukup tinggi. Ketinggian air mencapai 120-130 centimeter atau sepinggang orang dewasa.

Hal ini terjadi di Desa Umaq Tukung, Tabang Lama, Tabang Baru, Kampung Baru, Sidomulyo, Long Lalang, Gunung Sari, Ritan Baru, dan Muara Ritan Tukung Ritan.

“Desa-desa tersebut cukup dalam,” papar pria yang karib disapa Doni itu.

Hingga kini belum ada warga yang mengungsi. Doni menjelaskan, bila terjadi banjir, warga tetap bertahan di rumah masing-masing. Dengan cara membuat semacam panggung atau pentas di dalam rumah.

“Warga molah tegak (membuat) para atau panggung di dalam rumah,” katanya.

Jika terjadi banjir seperti saat ini, kata Doni, biasanya air baru akan surut kurang lebih sekitar 12-24 jam. “Paling lawas (lama) dua hari baru kering jalan pemukiman warga,” tutupnya. (*)

Penulis: Halimatu

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI