Home » Daerah » Penajam Paser Utara » Sujiati Desak Pemkab PPU Tingkatkan Peran Perempuan dalam Pembangunan

Sujiati Desak Pemkab PPU Tingkatkan Peran Perempuan dalam Pembangunan

Rabu,21 Februari 2024 05:48WIB

Bagikan : Array
Anggota DPRD PPU, Sujiati. (Istimewa)

SINTESANEWS.ID – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Sujiati, mendesak pemerintah kabupaten untuk meningkatkan peran perempuan dalam proses pembangunan daerah.

Menurutnya, partisipasi perempuan sangat penting, terutama dalam tahap perencanaan pembangunan.

“Partisipasi perempuan dalam pembangunan itu penting, terutama bagaimana kita melibatkan perempuan dalam tahapan perencanaan,” ujar Sujiati, Rabu (21/2/2024).

Ia menegaskan bahwa keterlibatan perempuan akan memperkaya proses perencanaan dan menghasilkan kebijakan yang lebih inklusif dan adil.

Sujiati juga menyoroti pentingnya program berbasis perspektif gender, yang menurutnya akan mencerminkan pemahaman mendalam tentang perbedaan pengalaman, kebutuhan, dan aspirasi antara pria dan wanita.

“Program yang berbasis perspektif gender akan mencerminkan pemahaman yang mendalam tentang perbedaan pengalaman, kebutuhan, dan aspirasi antara pria dan wanita dalam masyarakat,” jelasnya.

Pendekatan berbasis gender, lanjut Sujiati, mengakui bahwa gender memainkan peran penting dalam membentuk pengalaman hidup seseorang dan ketidaksetaraan gender sering kali menjadi akar dari berbagai masalah sosial.

“Perempuan itu lebih sensitif, telaten, sabar, dan adil terkait program-program yang diusulkannya. Kita berharap ini dapat memberi masukan yang konstruktif dalam pembangunan,” tambahnya.

Dengan meningkatnya keterlibatan perempuan, Sujiati yakin bahwa pembangunan daerah akan semakin maju dan responsif terhadap kebutuhan seluruh lapisan masyarakat.

Ia berharap pemerintah kabupaten dapat lebih aktif melibatkan perempuan dalam setiap tahap pembangunan untuk mencapai hasil yang lebih baik dan berkelanjutan.

Desakan Sujiati ini sejalan dengan upaya untuk menciptakan kebijakan yang lebih inklusif dan memberdayakan seluruh masyarakat tanpa memandang gender, demi kemajuan PPU yang lebih baik. (Adv)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

cb69ca3e-61d6-4002-8894-a924a9d8e08a

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK