Home » Advertorial » Diskominfo Kukar » Edi Damansyah Kembali Luncurkan Program Kredit Kukar Idaman Bagi Petani, Nelayan dan Pembudidaya Ikan

Edi Damansyah Kembali Luncurkan Program Kredit Kukar Idaman Bagi Petani, Nelayan dan Pembudidaya Ikan

Selasa,17 Oktober 2023 07:02WIB

Bagikan :
Edi Damansyah dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah saat melaunching program KKI. (Sintesa News)

SINTESANEWS.ID – Pemkab Kukar resmi melaunching program Kredit Kukar Idaman (KKI) bagi petani, nelayan dan pembudidaya ikan, di Halaman Parkir Gedung C Pemkab Kukar, Senin (16/10/2023).

Progam ini bentuk kerja sama antara Pemkab Kukar dengan Otoritas Jasa Keuangan Kaltim, TPAKD Kukar, Bankaltimtara serta Jamkrida Kaltim.

Tujuan dari program ini selain memudahkan akses permodalan bagi masyarakat juga sebagai langkah untuk memberantas rentenir.

Bupati Kukar, Edi Damansyah menyebutkan, program ini merupakan lanjutan dari pemberian KKI kepada para pelaku UMKM yang diluncurkan pada 2021 lalu.

Progam KKI kata Bupati Edi memiliki beberapa ketentuan yang memudahkan para petani dan nelayan maupun pembudidaya di Kukar.

“Bagi para petani yang mengajukan peminjaman bakal mendapatkan bantuan sampai 50 juta rupiah,” kata Edi, Senin (16/10/2023).

Untuk menyosialisasikan kepada masyarakat, Bupati Edi mengimbau agar KTNA, KWT dan PPL untuk menyampaikan ke seluruh petani termasuk kelompok tani hutan agar mengakses peminjaman modal melalui KKI.

Edi menyebutkan, pada pelaksananya nanti, masyarakat diberi kesempatan untuk membayar dengan jangka waktu maksimal 36 bulan.

“Angsurannya boleh dibayar setiap kali panen dan produksi secara periodik. Ini sudah dianalisis, bahwa KKI ini cukup mudah, para penerima hanya mengembalikan pokoknya saja. Semoga apa yg dilakukan sampai pada para nelayan dan petani,” pungkasnya. (adv/au)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

3433823

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK