Home » Daerah » Samarinda » DPRD Kaltim Temukan Conveyor Tak Berizin, Diduga Milik Salah Satu Perusahaan dari 21 IUP Palsu

DPRD Kaltim Temukan Conveyor Tak Berizin, Diduga Milik Salah Satu Perusahaan dari 21 IUP Palsu

Kamis,16 Maret 2023 07:23WIB

Bagikan : Array
Wakil Ketua Pansus Investigasi Pertambangan DPRD Kaltim M. Udin menemukan conveyor tak mengantongi izin operasional. (Istimewa)

SINTESANEWS.ID  – Setelah melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak), Panitia Khusus Investigasi Pertambangan DPRD Kaltim menemukan dua conveyor yang diduga ilegal dan tidak berizin operasi.

Wakil Ketua Pansus Investigasi Pertambangan DPRD Kaltim M. Udin mengatakan bahwa setelah berhasil menelusuri salah satu perusahaan dari 21 Izin Usaha Pertambangan (IUP) palsu yang beroperasi, selain menemukan aktivitas pertambangan ilegal, mereka juga menemukan beberapa kegiatan ilegal lainnya.

Udin menilai ada beberapa unit conveyor atau sistem mekanik yang berfungsi untuk memindahkan batu bara dari kapal menuju penampungan batu bara yang juga diyakininya berstatus ilegal.

Selain itu, berdasarkan hasil Sidak dari 3 unit conveyor, hanya satu yang memiliki legalitas. Sementara dikatakan dua lainnya diduga ilegal.

“Ada tiga jety (dermaga) di lokasi tersebut, pertama Jety HBH, kedua Jety CKT, dan Jety SPL, namun yang memiliki legalitas untuk batu bara hanyalah Jety CKT,” ucap M. Udin.

Dia mengungkapkan, terkait aktivitas tambang ilegal tersebut, masyarakat setempat kerap mengeluhkannya kepada pemerintah daerah hingga pemerintah pusat, namun upaya itu justru tak membuahkan hasil sesuai harapan masyarakat.

Terkait aktivitas tambang ilegal tersebut, masyarakat setempat kerap mengeluhkan dampak yang mereka rasakan. Sebab, aktivitas pengangkutan batu bara ilegal di siang hari mengganggu transportasi.

“Kami sempat membuka dialog dengan masyarakat. Mereka sudah bosan dan terus mengeluhkan dampak kerusakan dari aktivitas penambangan yang tidak pernah digubris,” pungkasnya. (adv)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

cb69ca3e-61d6-4002-8894-a924a9d8e08a

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK