Home » Daerah » Kutai Kartanegara » Festival Kutai Adat Lawas Nutuk Beham di Kedang Ipil Resmi Ditutup

Festival Kutai Adat Lawas Nutuk Beham di Kedang Ipil Resmi Ditutup

Minggu,19 Mei 2024 12:02WIB

Bagikan : Array

SINTESANEWS.ID – Festival Kutai Adat Lawas Nutuk Beham di Kedang Ipil resmi ditutup Camat Kota Bangun Darat Julkifli, Minggu (19/5/2024).

Nutuk Beham merupakan tradisi menumbuk padi yang sudah direndam dan disangrai oleh masyarakat setempat selama 24 jam secara bergantian.

Festival yang berlangsung sejak 17 Mei 2024 ini turut dimeriahkan dengan pertunjukan seni tari dari berbagai komunitas di Kukar.

Atas kesuksesan acara tersebut, Camat Julkifli menyampaikan apresiasi terima kasih kepada sejumlah pihak yang membantu kegiatan terutama Pemkab Kukar melalui Disdikbud Kukar.

“Kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang membantu menghidupkan tradisi peninggalan para leluhur ini,” kata Julkifli.

Ia berharap kegiatan ini menjadi festival yang terus dijaga dan dilestarikan.

Festival Nutuk Beham kata Julkifli merupakan warisan peninggalan leluhur yang tak ternilai harganya.

Di Kedang Ipil, kata dia ada tiga warisan budaya tak benda yang masih berdiri kokoh untuk dilestarikan masyarakat yakni; Belian Namang, Muang dan Nutuk Beham.

“Mari kita jaga bersama-sama budaya ini. Budaya ini menjadikan kita terus bergotong royong dan terus menjaga rasa kekeluargaan kita semua. Kami berkomitmen untuk terus menjaga tradisi ini,” tuturnya. (ar)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

cb69ca3e-61d6-4002-8894-a924a9d8e08a

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK