Home » Pendidikan » SMKN 1 Sebulu Gunakan Media Center Titik Baca untuk Tingkatkan Minat Baca Siswa

SMKN 1 Sebulu Gunakan Media Center Titik Baca untuk Tingkatkan Minat Baca Siswa

Rabu,26 Juni 2024 07:28WIB

Bagikan : Array

SINTESANEWS.ID – Perpustakaan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Sebulu meluncurkan inovasi baru untuk memudahkan akses buku dan meningkatkan minat baca para pelajar.

Alat bernama Media Center Titik Baca, yang berfungsi serupa dengan smartphone, memungkinkan siswa mengakses buku, Googling, dan YouTube menggunakan internet.

Media Center Titik Baca dilengkapi aplikasi khusus yang memungkinkan pelajar mengakses buku melalui scan barcode.

“Para siswa hanya perlu scan barcode dan buku akan secara otomatis muncul di handphone masing-masing,” ujar Pengelola Perpustakaan dan Tenaga Administrasi SMKN 1 Sebulu, Ibnu Aziz, Selasa (25/6/2024).

Selain membaca, alat ini juga memiliki fitur download buku dengan satu klik, mempermudah pelajar dalam menyimpan materi belajar.

Aziz menjelaskan, alat ini telah tersedia di sekolah selama tiga bulan dan dioperasikan penuh sejak satu bulan terakhir.

“Saya baru mulai mengotak-atik alat ini sekitar sebulan terakhir, namun alat ini sudah ada di SMK Negeri 1 Sebulu sejak tiga bulan lalu,” ungkapnya.

Aziz menambahkan, alat yang merupakan bantuan dari Disdikbud Provinsi Kaltim ini berhasil meningkatkan jumlah kunjungan pelajar ke perpustakaan.

Menurutnya, pelajar merasa terbantu dengan kemudahan mencari buku hanya menggunakan smartphone mereka.

“Alhamdulillah, jumlah pengunjung meningkat dan anak-anak lebih senang karena memudahkan mereka dalam mencari buku yang diinginkan tanpa perlu lagi ke rak-rak buku,” ujarnya.

Selain mempermudah akses buku bagi pelajar, Media Center Titik Baca juga membantu pekerjaan Aziz sebagai pengelola perpustakaan.

Ia menyatakan rasa syukurnya atas bantuan alat dari Disdikbud Kaltim yang memungkinkan pelajar mengembangkan pengetahuan mereka dengan mengakses buku secara online.

“Alhamdulillah, saya bersyukur sekali dengan adanya bantuan dari Disdikbud Kalimantan Timur terkait media titik baca ini, sehingga para pelajar mampu mengembangkan pengetahuannya dengan mengakses buku secara online,” tutupnya. (Ir/ar)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

cb69ca3e-61d6-4002-8894-a924a9d8e08a

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK